Digital clock

Kamis, 04 April 2013

Tugas 2 Perilaku Organisasi


JAWABAN TUGAS  2  => PERILAKU ORGANISASI

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1.   Menciptakan komunikasi dan menekankan serta menggunakan komunikasi sebagai proses untuk memperoleh kerja sama dari seluruh anggota organisasi, membuat rumusan tentang tujuan organisasi dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi, membuat formulasi dan definisi ulang suatu organisasi sesuai dengan tujuannya, yang memberikan arti bahwa organisasi adalah suatu system kegiatan yang kooperatif dan berorientasi pada tujuan organisasi dan tujuan bersama, adalah merupakan fungsi-fungsi penting dan utama seorang pemimpin. Hal tersebut di kemukan oleh :
a.Paul Hersey & Ken Blanchard
b.Chester I. Barnard
c.Henry Payol
d.Harold Koontz dan Heinz Weihrich
Jawab : a. =>    Menurut Paul Hersey & Ken Blanchard (1988:3), manajemen, adalah “ proses kerja sama dengan dan melalui orang – orang dan kelompok Untuk mencapai tujuan organisasi “.Harold Koontz dan Heinz Weihrich (1990:4) adalah Orang – orang yang bertugas mengelola proses organisasi dan tetap menjaga agar organisasi tempat orang – orang bekerja sama dalam kelompok dapat terselenggara secara efisien menuju pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, dan oleh karena itu ia menjalankan fungsi – fungsi manajemen yang disebut Manajer.

2.   Kunci kepemimpinan yang efktif adalah :
a.Mampu merumuskan tujuan dengan jelas
b.Piawai dalam bernegosiasi
c.Mampu menuju ke arah mengharmonisasikan kepentingan pencapain tujuan seseorang dan kepentingan pencapaian tujuan organisasi
d.Menguasai teknik-teknik berkomunikasi dengan baik
Jawab : c. =>   Kedua kepentingan , yaitu kepentingan organisasi dan kepentingan unsur manusia di dalam organisasi , dapat diharmonisasikan sesuai dengan gaya kepemimpinan seseorang ketika memimpin.

3.   Pengambilan keputusan dilakukan di semua tingkat atau jenjang organisasi dan dihubungkan dalam kelompok, di mana tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas disepakati bersama oleh para anggotanya, informasi mengalir secara baik ke semua arah, informasi yang terbentuk adalah sangat positif dan tidak ada rasa takut dan keterpaksaan dalam penyelesaian tugas, adalah system kepemimpinan model likert yang termasuk dalam ………
a.Otokrasi Eksploitasi
b.Otokrasi bijak
c.Konsultatif
d.Kelompok partisipatif
Jawab : d. => System kepemimpinan model Likert yang ke empat ini yaitu Kelompok Partisipatif ( Participative Group ) merupakan system yang paling demokratis dan paling baik.

4.   Kisi-kisi kepemimpinan model Blake dan Mouton didasarkan pada dua sisi yaitu ….
a.Sisi produksi dan sisi manusia
b.Sisi produksi dan sarana dan prasarana
c.Sisi manusia dan target pencapain tujuan
d.Sisi perencanaan dan evaluasi
Jawab : a. =>   Uraian Blake dan Mouton ini menekankan pada cara seorang manajer berpikir tentang usaha mencapai produksi dan bagaimana melaksanakan hubungan kerja dengan sisi manusia yang berperan dalam produksi tersebut.

5.   Napoleon Bona Parte, Hitler dan Mao Tse tung adalah tipe pemimpin yang muncul karena …
a.Mewarisi kepemimpinan orang tuanya
b.Ditunjuk begitu saja oleh atasannya
c.Di bentuk oleh pendidikan, pengalaman dan lingkungannya
d.Faktor keberuntungan
Jawab : c. =>   Teori the great man menyatakan bahwa orang yang dilahirkan sebagai pemimpin kelak akan menjadi pemimpin, tidak peduli apakah ia mempunyai sifat atau tidak sebagai pemimpin. Namun pada kenyataannya adalah sifat – sifat kepemimpinan tidak sepenuhnya “ sebab dilahirkan ” tetapi dapat dicapai melalui pendidikan dan pengalaman, atau dari situasi tertentu yang membentuknya.

6.   Teori X yang mengasumsikan bahwa manusia pada dasarnya adalah malas dan tidak suka bekerja dan teori Y yang mengemukakan bahwa manusia pada dasarnya adalah rajin dan senang bekerja, adalah teori yang dikemukakan oleh ….
a.Douglas McGregor
b.Rensis Likert
c.Tannenbaum dan Schmidt
d.Fred E. Fiedler
Jawab : a. =>   Asumsi teori ‘X’ merupakan asumsi yang memandang manusia berperilaku negative, yaitu malas bekerja, suka diarahkan, menghindari tanggung jawab, mengutamakan keselamatan pribadi.
                        Asumsi teori ‘Y’ ialah asumsi yang memandang positif perilaku manusia, lebih menghargai dan memahami hakikat manusia. Asumsi ini mengatakan bahwa karena kebutuhannya manusia akan bekerja dengan baik, manusia akan mengawasi diri sendiri, mampu dan kreatif apabila dimotivasidengan tepat, dan lain – lain.

7.   Gaya kepemimpinan situasional yang di dasarkan pada tingkat kematangan bawahan dan sumber-sumber kekuasaan adalah gaya kepemimpinan yang dikemukakan oleh …..
a.Wj. Reddin
b.Hersey dan Blanchard
c.Ki hajar Dewantoro
d.Elton Mayo
Jawab : b. => Kepemimpinan model Hersey dan Blanchard, yaitu gaya kepemimpinan yang didasarkan kepada kematangan bawahan dan sumber – sumber kekuasaan, maka kita akan dapat memahami secara komprehensif kepemimpinan melalui kekuasaan yang sesuai bagi tingkat kematangan bawahan.

8.   Kekuasaan paksaan, keahlian, imbalan, legitimasi dan keuasaan referensi adalah sumber kekuasaan yang dikemukakan oleh …
a.Amitai Etzioni
b.Hersey Blanchard
c.French & Raven
d.Gibson
Jawab : b. => Keberhasilan kepemimpinan berkaitan bukan hanya oleh tingkat kematangan bawahan saja, akan tetapi juga oleh penggunaan sumber dan bentuk kekuasaan yang dimiliki oleh pimpinan.

9.   Wewenang yang di dasarkan karena adanya kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang bersifat pribadi di sebut dengan …….
a.Wewenang tradisional
b.Wewenang rasional
c.Wewenang tidak resmi
d.Wewenang Kharismatik
Jawab : d. => Wewenang ini didasarkan kepada karisma, atau kekuasaan pribadi, yaitu adanya kelebihan – kelebihan yang bersifat pribadi dan biasanya bersifat tidak rasional, tidak berdasarkan pada aspek legal, akan tetapi bersumber pada kelebihan pribadi.

10. Dua pilar utama hubungan manusiawi adalah ……
a.Komunikasi dan motivasi
b.Komunikasi dan sarana produksi
c.Motivasi dan sarana produksi
d.Sarana produksi dan kerjasama
Jawab : a. =>   Ada enam unsur yang dapat disingkat menjadi dua pilar utama dalam hubungan manusiawi atau insane, agar pelaksanaannya dapat terjadi secara efektif. Kedua pilar utama tersebut, adalah sebagian dari inti kepemimpinan, yaitu komunikasi dan motivasi.

11. Menurut Gibson, dkk (1989), motivasi berhubungan dengan, kecuali :
a.Arah perilaku
b.Kekuatan respon
c.Ketahanan perilaku
d.Imbalan
Jawab : d. => Menurut Gibson, dkk (1989:87) motivasi berhubungan dengan : 1. Arah perilaku, 2. Kekuatan respons ( usaha ) setelah karyawan memilih mengikuti tindakan tertentu, 3. Ketahanan perilaku, atau berapa lama orang itu terus menerus berperilaku menurut cara tertentu.

12. Ahli yang mengatakan bahwa kebutuhan itu di peroleh dari budaya suatu masyarakat dari mana seseorang berasal. Kebutuhan tersebut adalah kebutuhan akan prestasi, berafiliasi dan kekuasaan dan bahwa kebutuhan tersebut dapat di pelajari, di kemukakan oleh …
a.Abraham Maslow
b.Keith Davis
c.Gibson
d.McClelland
Jawab : d. => David McClelland berpendapat bahwa kebutuhan itu diperoleh dari budaya suatu masyarakat dari mana seseorang berasal. Kebutuhan tersebut, adalah kebutuhan prestasi, kebutuhan berafiliasi, dan kebutuhan kekuasaan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar