Kamis, 04 April 2013

Tugas 2 Ekonomi Majanerial


JAWABAN TUGAS  2 => EKONOMI MANAJERIAL
1.      Apa yang di maksud dengan surplus konsumen!

      Jawab:
Surplus Konsumen adalah selisih di antara harga tertinggi dari kemampuan terhadap konsumen untuk meminta sejumlah barang dengan harga pasar yang lebih rendah dengan jumlah barang yang diminta lebih besar.

2.              Jelaskan apa yang di maksud dengan diskriminasi harga drajat 2 dan berikan contoh!
Jawab:
Diskriminasi harga derajat 2 dilakukan dengan cara menerapkan harga yang berbeda-beda pada jumlah batch atau lot produk yang dijual. Diskriminasi harga ini dilakukan karena perusahaan tidak memiliki informasi mengenai reservation price konsumen.
Contoh:
perbedaan harga per unit pada pembelian grosir dan pembelian eceran, pembeli yang membeli mie instan 1 bungkus dan 1 kardus akan berbeda harganya.
Kebijakan ini dapat meningkatkan kesejahteraan konsumen karena jumlah output bertambah dan harga jual semakin murah. Hal ini dikarenakan pelaku usaha menggunakan sistem perbedaan harga per unit pada pembelian grosir dan pembelian eceran. Harga eceran lebih tinggi dari pada harga per pak, sehingga konsumen lebih baik membeli barang langsung per pak daripada membeli barang eceran.

3.      Jelaskan kefiga derajat harga dibawah ini, apabila produk tersebut masuk dalam pasar monopoli





1
Pada semua tingkat harga, permintaan D1 lebih tinggi dibanding permintaan D2 . Kurva pendapatan marjinal D1 dan D2 masing – masing adalah MR1 dan MR2. Produsen menjumlahkan kedua kurva permintaan menjadi kurva permintaan total (DT). Kurva pendapatan marjinal DT adalah MRT. Output optimal produsen adalah 20. Perhatikan bahwa produsen tidak menjual produknya dengan harga 6 dikedua pasar. Harga jual di pasar 1 adalah 10 dan di pasar 2 adalah 4. Pendapatan di pasar 1 adalah 100 dan pendapatan di pasar 2 adalah 40. Jadi pendapatan dengan melakukan diskriminasi harga derajat tiga adalah 140. Pendapatan ini lebih besar dibanding apabila perusahaan menjual produknya dengan satu harga dikedua pasar tersebut, yaitu 100. Perhatikan bahwa produsen tidak bisa menjual produknya di pasar 2 dengan harga 6.
Pada prisipnya, Diskriminasi harga derajat tiga produsen memberikan harga sebuah produk sesuai dengan tingkat permintaan segmen pasar.








                                   

4 komentar: